Materi PKK Kelas XI KD 3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

A. Kompetensi Dasar : 3.2. Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
B. Indikator Pencapaian Kompetensi :

3.2.1. Menjelaskan peluang dan resiko usaha

3.2.2. Menjelaskan Faktor faktor keberhasilan dan kegagalan usaha

3.2.3. Mengembangkan ide dan peluang usaha

3.2.4. Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

4.2.1. Menentukan peluang usaha produk barang/jasa

C.    Materi Pokok

  • Peluang Usaha Produk Barang/Jasa

KEMAMPUAN DALAM PEMANFAATAN USAHA

    1. Pentingnya informasi dalam peluang usaha :
    a. Dapat mengirim dan materi informasi peluang usaha melalui berbagai media
        b. Meningkatkan kerjasama para wirausahawan
            c. Untuk mempercepat pengambilan keputusan dalam menentukan peluang usaha
                d. Membuka pemanfaatan peluang usaha yang ada

                   e. Menggali peluang usaha, menyusun konsep usaha dan menciptakan nilai tambah yang menguntungkan

                    2. Hal yang perlu dicermati dalam mencari peluang usaha :

                a. Informasi terhadap minat dan daya beli konsumen

                b. Informasi Seluk beluk pemasaran produk/jasa

                c. Informasi mengenai penjualan produk/jasa

                d. Informasi mengenai produk/jasa

                e. Informasi mengenai manajemen usaha

                f. Informasi mengenai modal usaha

                g. Informasi mengenai Tenaga kerja

                h. Informasi mengenai perawatan peralatan

                i. Informasi mengenai adaministrasi pembukuan

                j. Informasi mengenai penelitian pengembangan

                    3. Sumber Informasi Peluang usaha

                a. Persyaratan sumber informasi peluang usaha, data informasi peluang usaha harus lengkap dipercaya dan harus berlaku
                b. Perolehan sumber informasi peluang usaha

                -          Dari pemasaran dan penjualan - Dari pesaing

                -          Dari kedudukan perusahaan dipasar - Dari wilayah niaga

                -          Dari bagian pembukuan - Media masa

                -          Dari hasil penelitian pasar - Pemerintah

                -          Dari konsumen - Dan lain-lain

                -          Dari hasil penelitian pemasaran

                Ada 2 kelompok cara memperoleh sumber informasi peluang usaha :

                a. Sumber informasi primer ( konsumen/pelanggan, pedagang, perantara, penjual enceran )

                       b. Sumber informasi sekunder ( catatan intern wirausahawa, pemerintah, data Biro Statistik, Kamar Dagang dan Industri/KADIN, media masa )


                RESIKO DALAM PELUANG USAHA

                Peluang usaha ialah kesempatan yang ada untuk bisa dimanfaatkan dalam memperoleh sebuah keuntungan bagi seorang wirausaha/wirausahawan. Banyak peluang yang disia-siakan sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut. Hanya wirausahawan yang dapat berpikir kreatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang. Resiko usaha dapat diatasi dengan cara :

                1.      Keahlian mengambil resiko dalam usaha

                2.      Resiko diketahui sebelumnya

                3.      Resiko pertengahan usaha

                4.      Resiko inisiatif dalam usaha

                5.      Resiko di asuransikan

                6.      Resiko usaha yang tidak diasuransikan

                7.      Resiko dalam Persaingan

                8.      Resiko dalam keuangan usaha

                9.      Resiko dalam Pemasaran


                Prosedur Menganalisis Resiko:

                a.      Tujuan dan sasaran usaha

                b.      Meneliti alternative resiko

                c.      Merencakan dan melaksanakan sebuah alternative

                d.      Taksiran risiko usaha

                e.      Mengumpulkan informasi usaha

                f.      Mengurangi resiko usaha


                FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN USAHA

                1. Dari sisi pengusaha meliputi :

                a. Jujur : Jujur terhadap diri sendiri,orang lain dan tujuan yang akan dicapai

                b. Disiplin dan berani :

                - Karena bakat , pengalaman dan pengetahuan

                - Karena keyakinan dan fasilitas

                c. Menguasi bidang usaha yang digeluti

                d. Dapat melaksanakan prinsip management dengan baik


                2. Dari sisi produk :

                a. Memiliki keunggulan yang berarti bagi konsumen, apakah dari segi harga,kualitas produk, prestise, manfaat dsb.

                b. Didukung oleh promosi yang efektif kepada public

                3. Kegagalan wirausaha :

                a.      Tidak ada perencanaan yang matang

                b.      Bakat yang tidak cocok

                c.      Kurang pengalaman

                d.      Tidak punya semangat berwirausaha

                e.      Kurang modal

                f.      Lemahnya pemasaran

                g.      Tidak punya etos kerja yang tinggi

                h.      Lokasi yang kurang strategis

                4. Mengembangkan ide dan peluang usaha

                Pengembangan ide harus dilakukan secara terus-menerus agar wirausahawan dapat memenangkan persaingan yang makin tajam. Adapaun macam-macam ide yang perlu dikembangkan adalah :

                - Ide dalam pembuatan produk atau jasa yang diminati konsumen,

                - Ide dalam pembuatan produk atau jasa yang dapat memenangkan persaingan,

                - Ide dalam pembuatan dan pendayagunaan sumber-sumber produk,

                - Ide yang dapat mencegah kebosanan konsumen didalam penggunaan produk, dan

                - Ide dalam pembuatan desain, model, corak, warna, produk atau jasa yang disenangi konsumen.

                PELUANG USAHA PRODUK BARANG / JASA

                1. Menganalisis peluang usaha berdasarkan produk

                    a.  Klasifikasi jenis produk

                •      Produk primer

                •      Produk sekunder

                •      Produk tersier

                    b. Tujuan diadakan analisis terhadap jenis produk

                •      Memenuhi keinginan dan minat konsumen terhadap kebutuhan jenis produk

                •      Memenangkan persaingan dalam pengembangan usaha

                •      Mendayagunakan sumber-sumber produksi

                •      Mencegah kebosanan konsumen / pembeli / pelanggan terhadap jenis produk

                    c. Gagasan analisis terhadap produk yang dianggap paling penting

                •      Potensi terhadap permintaan produk

                •      Jumlah penjualan produk

                •      Jumlah pemasaran produk

                •      Kemampuan produk yang mendatangkan laba

                •      Menganalisis bidang jasa

                2.  Pengertian Jasa

                Jasa adalah hasil dari kegiatan produksi yang tidak mempunyai wujud tertentu dan tidak mempunyai sifat-sifat fisik tertentu pula serta tidak terdapat tenggang waktu antara diproduksinya dan dikonsumsinya.

                3.  Jenis usaha jasa yang perlu dianalisis

                Jenis usaha yang perlu dianalisis adalah usaha yang bergerak dalam kegiatan pelayanan atau penjual jasa, misalnya : perbankan, konsultan, biro usaha, pariwisata, penginapan, perbengkelan, pengangkutan, pergudangan, praktik dokter, restoran, salon kecantikan, dll.

                4.  Pertimbangan dan perhatian dalam menganalisis peluang usaha bidang jasa

                Agar wirausahawan berhasil dalam menganalisis peluang usaha bidang jasa perlu mempertimbangkan dan memerhatikan hal-hal berikut :

                -          Pengetahuan tentang selera dan minat calon konsumen dan jumlah pesaingnya

                -          Mengetahui bidang jasa apa yang laku atau diminati konsumen

                -        Menjaga hubungan yang serasi dan harmonis dengan penyuplai agar suplai barang lancar dan tepat waktu

                Post a Comment

                Lebih baru Lebih lama