Makalah Kecerdasan Buatan (AI)

Ilustrasi infoworld.com


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Kecerdasan Buatan sebenarnya sudah dimulai sejak musim panas tahun 1956. pada waktu itu sekelompok pakar komputer, pakar dan peneliti dari disiplin ilmu lain dari berbagai akademi, industri serta berbagai kalangan berkumpul di Dartmouth College untuk membahas potensi komputer dalam rangka menirukan atau mensimulasi kepandaian manusia. Beberapa ilmuwan yang terlibat adalah Allen Newel, Herbert Simon, Marvin Miskey, Oliver Selfridge, dan John McCarthy.
Sejak saat itu, para ahli mulai bekerja keras untuk membuat, mendiskusikan, merubah dan mengembangkan sampai mencapai titik kemajuan yang penuh. Mulai dari laboratorium sampai kepada pelaksanaan kerja nyata.
Pada mulanya Kecerdasan Buatan hanya ada di universitas-universitas dan laboratorium-laboratorium penelitian, dan hanya sedikit sekali – jika ada – produk praktis yang sudah dikembangkan.
Menjelang akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an, mulai dikembangkan secara penuh dan hasilnya secara berangsur-angsur mulai dipasarkan. Saat ini, sudah banyak hasil penelitian yang sedang dan sudah dikonversikan menjadi produk nyata yang membawa keuntungan bagi pemakainya. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Oleh karena itu, disini akan dijelaskan mengenai teknologi kecerdasan buatan supaya kita sebagai manusia mengetahui hal-hal apa saja yang terkait dengan teknologi kecerdasan buatan.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana sejarah Teknologi Kecerdasa Buatan?
2. Bagaimana pengertian Teknologi Kecerdasa Buatan?
3. Bagaimana konsep Kecerdasan Buatan?
4. Bagaimana perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alamiah?
5. Apa saja bidang Kecerdasan Buatan AI?
6. Apa saja aplikasi Kecerdasan  Buatan dalam kehidupan sehari-hari?
7. Bagaimana dampak positif dan negatif Kecerdasan Buatan?
8. Apa saja ide masa depan Kecerdasan  Buatan?
C. Tujuan 
1. Mendeskripsikan sejarah Teknologi Kecerdasa Buatan.
2. Mendeskripsikan pengertian Teknologi Kecerdasa Buatan.
3. Mendeskripsikan konsep Kecerdasan Buatan.
4. Mendeskripsikan perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alamiah.
5. Mendeskripsikan bidang Kecerdasan Buatan AI.
6. Mendeskripsikan aplikasi Kecerdasan  Buatan dalam kehidpuan sehari-hari.
7. Mendeskripsikan dampak positif dan negatif Kecerdasan Buatan.
8. Mendeskripsikan ide masa depan Kecerdasan  Buatan.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Teknologi Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan termasuk bidang ilmu yang relatif mudah. Pada tahun 1950-an para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Alan Turing, seoarng matematikawan Inggris pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas. Hasil tes tersebut kemudian di kenal dengan Turing Tes, dimana si mesin tersebut menyamar seoalah-olah senagai seseorang di dalam suatu permainan yang mampu memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan. Turing beranggapan bahwa, jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomuniaksi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tesebut pintar (seperti layaknya manusia).
Kecerdasan Buatan sendiri di munculkan oleh seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 pada Darthmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti AI. Pada konferensi tersebut juga di definisikan tujuan utama dari Kecerdasan Buatan, yaitu: mengetahui dan memodelkan  proses-proses berfikir manusia dan mendesain agar rapat menirukan kelakuan manusia tersebut.
Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
1. Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
2. Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang di dengar dalam sebuah percakapan.
3. ELIZA, diprogram oleh Joseph Wnbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.

B. Pengertian Kecerdasan Buatan (AI)
Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun dalam perkembangannya maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar. Untuk itu, pada AI akan mencoba memberikan metode untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi lebih pintar.
        Adapun definisi kecerdasan buatan menurut Paul Y. Gloess, adalah ilmu yang mempelajari bagaimana membuat suatu mesin seolah-olah memiliki kecerdasan dalam memecahkan suatu masalah yang diberikan kepadanya.
Ada beberapa pengertian kecerdasan buatan antara lain :
1. Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan studi dan kreasi sistem komputer yang mempertunjukkan beberapa bentuk kecerdasan.
2. Sistem yang mempelajari konsep-konsep baru dan tugas-tugas.
3. Sistem yang dapat berfikir dan menarik kesimpulan yang berguna bagi lingkungan sekitar kita.
4. Sistem yang dapat mengerti bahasa dan memahami pemandangan visual.
5. Sistem yang melakukan tipe-tipe yang lain seperti prestasi yang membutuhkan kecerdasan manusia.
Untuk lebih detailnya, pengertian kecerdasan buatan dapat dipandang dari berbagai sudut pandang antara lain :
1. Sudut pandang kecerdasan
Kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi “cerdas” (mampu berbuat seperti apa yang dilakukan manusia).
2. Sudut pandang penelitian
Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan manusia.
3. Sudut pandang bisnis
Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologi dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
4. Sudut pandang pemrograman
Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).

C. Konsep Kecerdasan Buatan
Ada beberapa konsep yang harus dipahami dalam kecerdasan buatan, diantaranya:
Turing Test
Metode Pengujian Kecerdasan (Alan Turing).Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai.
Pemrosesan Simbolik
komputer semula didisain untuk memproses bilangan/angka-angka (pemrosesan numerik).sementara manusia dalam berpikir dan menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak di dasarkann kepada sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis. Sifat penting dari Al adalah bahwa Al merupakan bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesaian masalah.
Heuristic
Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problem secara efektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
Inferensi (Penarikan Kesimpulan)
AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning), termasuk didalamnya proses (inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristik, dll
Pencocokan Pola (Pattern Matching) à
Berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses, dalam hubungan logik atau komputasional.

D. Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan kecerdasan Alamiah
       Ada beberapa keuntungan kecerdasan buatan dibanding kecerdasan alamiah, yaitu:

1. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
2. Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain
3. Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
4. Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
5. Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
6. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
7. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
Keuntungan kecerdasan alamiah dibanding kecerdasan buatan :
Kreatif. Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun
Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik
Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.
        Komputer dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegiatan (events), proses dan dapat memproses sejumlah besar informasi dengan lebih efisien dari yang dapat dikerjakan manusia. Namun di sisi lain, menusia dengan menggukan insting dapat melakukan hal yang sulit diprogram pada komputer, yaitu kemampuan mengenali (recognize) hubungan antara hal-hal tersebut, menilai kualitas dan menemukan palo yang menjelaskan hubungan tersebut.


E. Bidang-bidang Kecerdasan Buatan Al
Bidang-hidang kecerdasan huatan (Al) diantaranya schagai herikut:

1. ExpertSystem
Expert System adalah system yang herusaha mcngadopsi pcngctahuan manusia komputer agar komputer bisa menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan para ahli. Sistcm pakar merupakan salah satu aplikasi dan Artificial Inteligence (Al) yang hanyak dimanfaatkan dalarn dunia hisnis. Komponcn Sistcm pakar tcrhagi rncnjadi cmpat hagian, yaitu:
a. Knowledge base (basis pengetahuan)
Knowledge Base merupakan intl dan program sistcm pakar karcna basis pcngctahuan itu merupakan prcscntasi pengetahuan atau knowledge representation basis pengetahuan adalah sebuah basis data yang menyimpan aturan-aturan tentang suatu domain knowledge/pengetahuan tertcntu. Basis pengetahuan mi terdiri dan kumpulan objek heserta aturan dan atrihutnya (sifat atau cirinya). Contoh : If hewan merupakan sayap dan hcrtclur then hewan jcnis hurung.
b. Working Memory (basis data atau memori kerja)
Working memory adalah hagian yang mengandung semua fakta-fakta balk fakta awal pada saat sistem hcropcrasi maupun fakta-fakta pada saat pengambilan kesimpulan sedang dilaksanakan selarna sistern pakar hcropcrasi basis data hcrada di adalam mernori kerja.
c. Inference Engine (mesin inferensia)
Inference Engine adalah hagian yang menyediakan mekanisme fungsi berfikir dan pola-pola penalaran sistem yang digunakan oleh seorang pakar.
d. User interface
Antarmuka pemakai adalah bagian penghubung antara program sistem  pakar dengan pemakai. Pada bagian memungkinkan pengguna untuk memasukkan instruksi dan informasi ke dalam sistem pakar serta menerima penjelasan dan kesimpulan.
Contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari:
Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai pcndukung pengambilan keputusan berbasis web.

2. Logica Fuzzy
Logika fuzzy adalah Fuzzy Logic adalah metodologi pemecahan masalah dengan beribu-ribu aplikasi dalam pengendali yang tersimpan dan pemrosesan informasi. Fuzzy logic menyediakan cara sederhana untuk menggambarkan kesimpulan pasti dan informasi yang ambigu, samar -samar, atau tidak tepat. Sedikit banyak, fuzzy logic menyerupai pembuatan keputusan pada manusia dengan kemampuannya untuk bekerja dan data yang ditafsirkan dan mencari solusi yang tepat.
Contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari:
Penerapan AI pada robot Asimo. Singkatnya. robot ini bisa melakukan apa saja yang diinginkan manusia sepanjang sistem kontrol penggeraknya bisa disetting dan tidak mengalami gangguan.Robot tersebut didesain sedemikian rupa dengan menggunakan ilmu kecerdasan buatan tingkat tinggi. Narna Asimo itu sendiri sebenarnya adalah singkatan dari “Advance Step in Innovative Mobility” yang didesain dengan berbagai kemampuan inipresif sehingga membuatnya mampu melakukan tugas-tugas kunci agar bisa hidup dan bekerja sesuai dengan kehidupan sehari-hari manusia. Asimo bisa bergerak menirukan gestur yang mirip dengan manusia karena ia dilengkapi dengan tcknologi i-Walk. Salah satu kelebihan teknologi i-Walk ini mampu membuat gerakan-gerakan robot menjadi lentur hingga mirip gerakan manusia.

F. Aplikasi Kecerdasan Buatan dalam kehidupan sehari-hari
Aplikasi-aplikasi kecerdasan buatan pada kehidupan nyata. Menyangkut masalah aplikasi kecerdasan buatan sangat banyak bidang padadi kehidupan kita sehari-hari. Misalnya seperti berikut ini.

1. Bidang Komputer dan Sains
Para Peneliti kecerdasan buatan telah membuat banyak alat untuk memecahkan beberapa masalah yang dapat dikategorikan paling rumit pada bidang komputer dan sains. Kebanyakan dari penemuan mereka telah diambil alih oleh cabang ilmu komputer dan sains dan tidak lagi menjadi bagian dari bidang ilmu kecerdasan buatan. Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman dinamis serta pemrograman orientasi objek.

2. Finansial
Pada bidang finansial, penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham, dan memanajemen properti. Sebuah sistem yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta dapat mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham sehingga dapat digunakan untuk menentukan investasi secara detail.

3. Kesehatan
Pada bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah digunakan, slah satunya adalah algoritma genetika yang memungkinkan simulasi proses evolusi dan rekayasa genetika diuji coba tanpa memerlukan “korban” makhluk hidup. Algoritma ini juga dapat digunakan untuk pencocokan DNA yang sering digunakan dan saat ini mungkin populer untuk mengidentifikasi identitas seseorang.

4. Industri
Pada bidang Industri penggunaan mesin sudah merupakan hal yang umum. Mesin biasanya digunakan dalam industri untuk pekerjaan yang membahayakan manusia dan yang sulit untuk dilakukan manusia. sebagai contoh memindahkan barang yang mempunyai berat ber ton-ton, pemotongan besi dan baja. bahkan dalam industri manufaktur, pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dan konsistensi sudah diambil alih oleh mesin.

5. Telekomunikasi
Pada Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan juga banyak digunakan antara lain untuk pencarian heuristik tentang tenaga kerja mereka, mengatur penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan jumlah gaji sesuai dengan kualitas kerja mereka. Semuanya dilakukan secara otomatis dengan kecerdasan buatan yang telah diimplementasikan ke dalam sistemnya.

6. Pengembangan Game
Perkembangan Game yang pesat pada masa ini juga membutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule permainannya. Sebuah sistem game, jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh seorang player, maka ketika player yang sama memulai lagi permainan dari awal, maka rule permainannya akan sama. namun berbeda untuk game-game yang telah ada saat ini. sistem dalam game, dapat belajar mengenali pola permainan dari player dan ketika player tersebut memulai permainan kembali, maka sistem ini akan menggunakan rule yang berbeda untuk pemain yang sama ini. sehingga game menjadi lebih menarik dan menantang untuk dimainkan. Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bentuk game sangat banyak sekali, ada yang berbentuk game PC, dan ada pula yang berbentuk game jaringan atau Game Online. Contoh aplikasi game online Tic Tac Toe, Game ini merupakan game yang mengasah kemampuan berpikir manusia, dimana setiap pemain harus menyusun gambar secara vertikal, horizontal, miring kiri, dan miring kanan agar memperoleh nilai. Apabila pemain tidak dapat membentuk formasi gambar yang diinginkan maka permain dinyatakan kalah. Dan apabila pola gambar seimbang maka permainan dinyatakan drow atau seri. Permainan ini mengasah kemempuan berpikir sehingga para pemain harus melakukan tindakan yang baik dan memperhitungkan apa akibat dari tindakan yang dilakukan tersebut.

7. Robotika & Sistem Sensor (Robotics & Sensory System)
Sistem sensor, seperti sistem visi dan pencitraan, serta sistem pengolahan sinyal, merupakan bagian dari robotika. Sebuah robot, yaitu perangkat elektromekanik yang diprogram untuk melakukan tugas manual, tidak semuanya merupakan bagian dari AI. Robot yang hanya melakukan aksi yang telah diprogramkan dikatakan sebagai robot bodoh yang tidak lebih pintar dari lift. Robot yang cerdas biasanya mempunyai perangkat sensor, seperti kamera, yang mengumpulkan informasi mengenai operasi dan lingkungannya. Kemudian bagian AI robot tersebut menerjemahkan informasi tadi dan merespon serta beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan.

G. Dampak positif dan negatif Kecerdasan Buatan

Dampak Positif AI :
Pada bidang Industri penerapan Artificial Intelligence dapat membantu meningkatkan keamanan pegawai, karena aktivitas-aktivitas yang berbahaya dapat digantikan oleh mesin,sebagai contoh : Penggunaan mesin pendeteksi suhu pembakaran tembaga,minyak bumi dll.
Pada bidang Kesehatan, penerapan arificial intelligence sangat membantu tenaga medis untuk mendiagnosis penyakit yang dialami oleh pasien melalui gejala-gejala yang dialaminya, bahkan dapat juga meyediakan jenis obat yang cocok untuk pasienya. Contoh : Program Pendetekesi penyakit jantung koroner (penelitian dilakukan dengan meneliti detak jantung pasien)
Pada bidang Perbankan, penerapan artificial intelligence dapat digunakan untuk mengontrol laju inflasi maupun deflasi dari keungan negara, sebagai contoh : Pembuatan mesin pendeteksi uang palsu dll.
AI dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dunia nyata, seperti pencarian, optimasi, klasifikasi, peramalan,dsb.

Dampak Negatif AI :
Dengan adanya AI, semua perkerjaan manusia dapat digantikan, dengan adanya hal itu dapat menambah jumlah pengangguran.
Adanya Spam e-mail.
Manusia akan menjadi malas dalam melakukan sesuatu karena banyak pekerjaannya sudah digantikan oleh AI.
Untuk para ilmuwan yang terlalu terobsesi dengan AI dapat menyebabkan stress atau bahkan gila karena khayalan yang terlalu tinggi untuk membuat suatu produk AI yang menyamai kecerdasan manusia.
Kecerdasan buatan itu sesuatu yang diciptakan oleh manusia, untuk menggantikan manusia. Jadi bisa jadi kecerdasan buatan itu merupakan suatu ancaman. Kemajuan dari sistem kecerdasan buatan ini dapat menimbulkan dampak psikologis pada manusia. Bagi kelompok yang menentang adanya kecerdasan buatan percaya bahwa dengan adanya kecerdasan buatan, akan terdapat beberapa dampak dalam kehidupan manusia. Mesin-mesin yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengurangi jutaan kesempatan kerja manusia. Selain itu juga terdapat ketakutan bahwa sistem kecerdasan buatan ini, termasuk robot, mengurangi kita sebagai manusia. Sistem dasar dari kecerdasan buatan ini juga telah meningkatkan ketakutan bahwa mesin-mesin dapat menambah jumlah kerusakan.
Memang benar bila komputer dengan dibekali kecerdasan buatan kini dapat menerima dan memproses input-input yang bersifat simbolik, namun sampai saat ini, kecerdasan buatan ini belum mampu untuk memahami betul perasaan manusia. Kecerdasan buatan (AI) saat ini hanya dapat mengetahui perasaan seseorang dari ekspresi wajah manusia yang ia tangkap, namun belum mampu mengetahui apakah ekspresi wajah itu benar-benar menggambarkan perasaan manusia itu atau hanya berpura-pura. Inilah satu hal penting yang tidak dimiliki AI yaitu perasaan atau insting. Dan terkadang, pekerjaan yang dilakukan dengan benar-benar sistematis tidak selalu berakibat baik dan ada kalanya suatu pekerjaan akan mencapai hasil yang optimal bila dalam prosesnya juga melibatkan perasaan atau insting.

H. Ide Masa Depan
Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi saat ini, membuat para pakar, ilmuan, dan perusahaan perusahaan besar mengembangkan system yang menggunakan kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence(AI).
Dimasa sekarang, AI semakin hari semakin berkembang dan banyak mengubah kehidupan di dunia. Kita bias mengambil contoh dengan adanya OK GOOGLE, CORTANA, dan beberapa program AI yang diciptakan perusahaan perusahaan lainnya. Program program AI tersebut telah dibuat dan dikembangkan sebaik mungkin. AI dimasa depan kemungkinan akan semakin berkembang, kemungkinan ide ide yg akan muncul untuk perkembangan AI di masa depan :

1. Teknologi Cyborg
Salah satu yang menjadi keterbatasan manusia adalah tubuh dan otak. Kemungkinan di masadepan kita dapat menambahkan kemampuan diri kita dengan computer dan meningkatkan banyak kemampuan alami, AI berguna bagi orang yang anggota badannya hilang, teknologi ini dapat mengurangi keterbatasan yg dialami orang yg kehilangan anggota badan tersebut, contohnya seperti karakter Cyborg(Victor Stone) dari DC Comics, saat itu Victor dijadikan kelinci percobaan oleh ayahnya yg seorang ilmuan karena percobaannya gagal maka Victor pun terluka parah sehingga ayahnya itu mau tidak mau harus menggunakan peralatan super canggih untuk memperbaiki tubuh anaknya. Hasilnya, Victor mempunyai tubuh setengah manusia setengah mesin sehingga ia pun kemudian menjadi organisme sibernatika atau Cyborg.

2. Robot
Pada saat ini, robot yg diciptakan kebanyakan belum memiliki emosi layaknya manusia. Namun tidak menutup kemungkinan di masa depan kelak dapat menciptakan robot yang deprogram untuk dapat mengerti, merasakan emosi, mengembangkan emosinya sendiri dan bahkan dapat mempelajari berbagai macam hal yang baru layaknya manusia. Contohnya robot David yaitu android kapal di film Alien: Engineers yaitu sebuah robot yang bertugas untuk mengontrol pesawat luar angkasa, bertingkah layaknya manusia, dan dapat mempelajari berbagai hal yang baru. Dan kemungkinan bahwa di masa depan setengah pekerjaan di dunia akan digantikan oleh robot.

3. Asisten Virtual
Asisten virtual seperti Google Asisten, Siri, Cortana, dan lainnya juga akan lebih bersifat cerdas, memiliki akal. Kecerdasan Asisten virtual akan meningkat tajam hingga 98%, kemungkinan dimasa depan AI akan dikembangkan menjadi Asisten Virtual Pribadi yang sangat cangkih dan membantu sekali dalam kehidupan sehari-hari seperti JARVIS, FRIDAY di film Iron Man yaitu system AI sekaligus asisten pribadi Tony Stark yang memiliki akal berfikir sendiri, dapat diajak berkomunikasi layaknya manusia, mengurus seluruh keperluannya dari bisnis hingga Tony Stark Mansion dan Stark Tower.

4. Smartphone Hologram
Hologram adalah teknologi fotografi yang merekam cahaya yang tersebar dari suatu objek dan kemudian menyajikannya dalam bentuk 3 dimensi. Gambar 3 dimensi tersebut dapat kita lihat sampai 360 derajat dan dapat bergerak dengan animasi dan suara, agar dapat menyampaikan informasi baik secara realtime maupun tidak. Teknologi keren ini sedang dikembangkan untuk membantu manusia dalam proses komunikasi. Hologram merupakan teknologi yang mampu digunakan dengan berbagai tujuan, seperti Bisnis, pendidikan, atau hiburan.
Dengan teknologi hologram, kamu bisa melihat visual sesuatu objek secara 3D serta imersif tanpa harus ada di dekat objek tersebut. Teknologi hologram termasuk teknologi tercanggih di masa depan yang pernah dilakukan agar penonton dapat berinteraksi secara langsung dengan survivor holocaust tanpa harus berada di panggung.

5. AI Untuk Perawatan Lansia
Kehidupan sehari-hari adalah perjuangan bagi sebagian besar manula dan banyak yang harus menyewa bantuan dari luar untuk mengelola perawatan mereka atau bergantung pada anggota keluarga. AI berada pada tahap di mana ia harus berperan dalam penggantian kebutuhan ini, Robot “Rumah” bisa membantu para manula dalam mengerjakan tugas sehari-hari dan membiarkan mereka tetap mandiri dan tinggal di rumah selama mungkin yang dengan hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Meski kita tidak tahu pasti masa depan, cukup jelas bahwa berinteraksi dengan AI akan segera menjadi aktivitas sehari-hari. Interaksi ini jelas akan membantu masyarakat kita berevolusi, terutama dalam hal cyborg, menangani tugas-tugas berbahaya, memecahkan perubahan iklim, pertemanan dan meningkatkan perawatan para tetua kita. Di luar enam dampak ini, ada lebih banyak lagi cara teknologi AI dapat mempengaruhi masa depan kita, dan fakta ini memiliki profesional di beberapa industri yang sangat bersemangat untuk masa depan yang terus berkembang dari kecerdasan buatan.

 
BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Kecerdasan buatan merupakan upa-bidang ilmu komputer (computer science) yang khusus ditujukan untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia. Atau cabang ilmu komputer yang mempelajari otomatisasi tingkah laku cerdas (intelligent).
Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen, sedangkan kecerdasan alami dapat berubah (karena sifat manusia yang pelupa). Kecerdasan buatan lebih mudah disalin dan dipindah. Menyediakan layanan komputer lebih mudah dan murah daripada mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam waktu yang lama. Kecerdasan buatan bersifat konsisten karena merupakan bagian dari teknologi computer, sedangkan kecerdasan alami dapat berubah-ubah. Keputusan yang dibuat dalam kecerdasan buatan dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara melacak tiap aktifitas dari sistem tersebut, sedangkan kecerdasan alami sulit direproduksi. Kecerdasan buatan lebih cepat dan lebih baik daripada kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan kreatif karena untuk menambah pengetahuan harus melalui sistem yang dibangun, namun kecerdasan alami lebih kreatif karena manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan. Kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik dan sangat terbatas, sedangkan kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung dan pemikiran manusia dapat digunakan secara luas.
Persamaan Konsep Komputasi Antara Kecerdasan Buatan dengan Komputasi Konvensional yakni, Sama-sama mengolah simbol-simbol yang dapat berupa huruf, kata, atau bilangan yang digunakan untuk menggambarkan obyek, proses, dan saling hubungannya. Obyek dapat berupa orang, benda, ide, pikiran, peristiwa atau pernyataan suatu fakta. Menggunakan komputer digital untuk melaksanakan operasi.

B. Saran
Demikian makalah yang kami buat, semoga bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin disampaikan, silahkan sampaikan kepada kami. Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat memaafkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba Allah yang tak luput dari kesalahan.

DAFTAR PUSTAKA

http://alvendraihza.blogspot.com/2019/01/tugas-makalah-kecerdasan-buatan-ai_22.html?m=1
http://mfaridblog.blogspot.com/2012/04/dampak-kecerdasan-buatan.html
https://ririfa.wordpress.com/2013/01/08/uas-kecerdasan-buatan/
https://chacaanisa.blogspot.com/2015/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html?m=1
https://www.hitekno.com/internet/2018/05/03/153006/deretan-artificial-intelligence-milik-tony-stark-yang-super-keren#:~:text=Si%20Iron%20Man%20yang%20sukses,rata%20dan%20sangat%20kaya%20raya.&text=Sistem%20AI%20ini%20disematkan%20oleh,Stark%20tidak%20hanya%20menciptakan%20Jarvis



D        Download versi wordnya klik

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama