Desgraf KD 3.3 Mendeskipsikan prinsip prinsip tata letak

Pengertian Layout / Tata Letak


Layout didalam bahasa memiliki arti tata letak. Sedangkan menurut istilah, layout merupakan usaha untuk menyusun, menata, atau memadukan elemenelemen atau unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel dll) menjadikan komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik. Di sini diperlukan pertimbangan ketika sedang mendesain suatu infomasi yang seefektif mungkin. Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca menerima informasi yang disajikan.

   1. Kesederhanaan
Prinsip ini berhubungan dengan kemampuan daya tangkap rata-rata manusia di dalam menerima informasi. Secara insting manusia menginginkan kesederhanaan dalam menerima informasi. Namun dalam penyederhanaan juga harus memperhatikan segmen kepada siapa informasi itu akan disampaikan.

    2. kesatuan (Unity) and keselarasan (harmony)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting.Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupaakan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidaknya aman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan.Jika salah satu atau beberapa unsu rrupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai .Kesatuan membantu semua elemen seperti milik mereka bersama.Pembaca harus visual cues untuk memberitahu mereka tahu potong merupakan salah satu unit-teks, headline, foto, gambar, danketerangan semua pergi bersama-sama.

    3.  Proporsi (Proportion)
Proporsidigunakandalammenggambarkanhubunganukuranantaraobjeksatudan yang lainnya.Dalammerancangsuaturuangandiperlukanproporsi yang sesuaisepertiukuran furniture, tinggilangit-langitdansebagainya.

    4. Irama
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus.Dalambentuk –bentukalambisakitaambilcontohpengulangangerakpadaombaklaut, barisansemut, gerakdedaunan, dan lain-lain.Prinsipiramasesungguhnyaadalahhubunganpengulangandaribentuk –bentukunsurrupa.Pengulangan (mengulangiunsurserupadalamcara yang konsisten) danvariasi (perubahandalambentuk, ukuran, posisiatauelemen) adalahkunciuntuk visual ritme.

    5. Penekanan/ fokusdan emphasis
Fokus difungsikan sebagai objek utama, untuk menarik perhatian.Biasanya yang diberi penekanan atau focus cukup satu, karena terlalu banyak focus dapat mengurangi penekanan dari objek  yang ingin ditonjolkan tersebut. Emphasis  merupakan  area yang dianggap menarik, dominan.Dominansi dari suatu objek layaknya fokus dapat ditingkatkan dengan membuat objek tampak lebih besar, lebihindah, denganpenempatan yang pas.

    6. Repetisi (Repetition)
Elemen visual ygberulangdalamsebuahdesain.Kamudapatmengulangulangwarna, bentuk, teksture, ketebalangaris, jenistulisan, ukuran, konsepgrapis,  etc.Pengulanganelemen visual  inimengembangkankomposisidanmemperkuatdesaindalamkesatuankomposisi.

    7.   Keharmonisan
Maksud dari harmoni ialah memiliki keselarasan antara satu elemen dengan elemen grafis yang lain. Harmoni dapat diwujudkan dalam 2 bentuk, yaitu:
a.    Harmoni dari segi bentuk
    Harmoni yang dilihat dari bentuk ialah dimana adanya keserasian dalam penempatan elemen grafis. Hal itu dapat dilihat dari segi bentuk dan ukurannya apakah itu kartu nama, stiker, poster dan sebagainya. Pemilihan bentuk huruf juga memiliki peranan yang penting sebagaimana untuk tujuan apa desain itu dibuat.
b.     Harmoni dari segi warna
    Warna memiliki pengaruh yang amat besar, karena tiap-tiap warna memiliki sifatnya masing-masing, seperti merah yang memiliki arti berani, biru yang memiliki kesan tenang dan lain sebagainya. Lihat kembali tujuan dari desain yang telah dibuat, karena ketepatan dalam memilih warna dapat membuat informasi yang didalamnya lebig efektif.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama